Thursday, July 24, 2008

Gerak Tari "The Way of Love

Formasi: membujur
6 personil berdiri sejajar. Posisi tangan mengayunkan kipas terbuka membentuk gelombang air laut. Kaki berjingkat kecil-kecil.


Formasi: melingkar
6 personil membentuk lingkaran saling membelakangi (membentuk seperti bunga) kaki melangkah berputar ke kanan, tangan mengayunkan kipas ke depan, berput
ar dengan gradasi gerak kipas ke depan (personil depan), diangkat lebih tinggi (personil samping), diangkat tinggi (personil belakang).

Formasi: membujur 3 depan 3 belakang
Bergarak ke kanan dan ke kiri saling berlawanan antara 2 baris. Ayunka
n kaki 4 langkah menyamping dengan kedua tangan dibuka di samping paha dan menutup silang. Pada ujung gerakan salah satu kaki dihentakkan kedepan tangan menengadah ke atas.


Formasi: membujur 3 depan 3 belakang

Bergarak ke kanan dan ke kiri saling berlawanan antara 2 baris. Ayunkan kaki 4 langkah menyamping dengan kedua tangan dibuka di samping bahu dan menutup silang. Pada ujung gerakan salah satu kaki dihentakkan kedepan tangan menengadah ke atas.


Formasi: membujur 3 depan 3 belakang
Personil belakang berada di sela-sela personil depan. Gerakan maju-mudur, ayunkan tangan sejajar perlahan-lahan kedepan sampai ke atas sambil melangkah maju/ mundur. Tarik tangan perlahan dengan menyilangkan
ke dada. > melangkah kesamping > melangkah ke depan/ ke belakang > melangkah kesamping sambil menggoyangkan bahu dan menghentakan kaki. Kembali pada posisi semula.

Formasi: 3-3 membentuk lingkaran kecil (seperti 2 ke
lompok bunga)
Posisi badan menyamping ke kanan menempelkan bahu pada personil lainnya. Ayunkan langkah kesamping, tangan kanan ke atas tangan kiri memegang kipas terbuka dipinggang, bergantian 2 langkah – 2 langkah kedua tangan memegang kipas di samping pinggang.


Formasi: melintang
6 personil berjajar dari depan sampai belakang menghadap ke depan. Posisi tangan tiap personil gradasi dengan merentangkan dan mengayunkan kedua tangan ke atas (personil belakang) sampai menutupkan tangan kebawah (personil depan). Dengan selisih ±20º tiap personil (Hingga membentuk seperti bunga yang sedang mekar). Ketika alunan musik merambat berhenti semua posisi tangan turun ke bawah (Hingga
membentuk seperti bunga yang mengatup). Sementara musik mulai mendetak, tangan mulai diayunkan kanan-kiri ke samping bergantian gradasi sampai ke atas kepala.

Formasi: 3 depan 3 belakang
Bergarak ke kanan dan ke kiri saling berlawanan antara 2 baris. Ayunkan kaki 4 langkah menyamping dengan kedua tangan mengayunkan kipas sejajar perut k atas – ke bawah. Pada ujung gerakan salah satu kaki di ayun menyamping agak tinggi, posisi tangan kanan dan kiri bergantian sejajar telinga dan dada.


Formasi: membujur 3 depan 3 belakang
Personil belakang berada di sela-sela personil depan. Gerakan maju-mudur, tangan sejajar ayunkan perlahan-lahan kedepan/ ke belakang bergantian dari bawah sampai menuju atas kepala. Seraya berjalan dan berayun ke depan- ke belakang.


Formasi: membujur
6 personil berdiri sejajar seraya mengayunkan kipas. Tangan kanan berayun ke depan, tangan kiri berayun ke belakang seraya perlahan-lahan mempersiapkan posisi bersimpuh. Pada hitungan 2x4 yang ke-2 posisi ayunan kipas bergantian kanan-kiri depan-belakang. Personil bergantian bersimpuh – berlutut.


Formasi: membujur
Posisi tetap seperti poin atas dengan mengubah gerakan tangan menyilang berayun dari bawah memutar di depan dada.


Formasi: membujur
6 personil bersimpuh, salah satu tangan mengayunkan kipas bergantian mengangkat sampai bahu yang berlawanan dan diputar hingga kembali di atas paha. Gerakan bergantian kanan-kiri.


Formasi: membujur
6 personil bersimpu
h, kedua tangan sejajar mengayunkan kipas ke depan seraya berdiri pelan-pelan.

Formasi: membujur
6 personil berdiri sejajar. Memutar salah satu tangan seperti putaran jarum jam di depan. Satu tangan lainnya di belakang pinggang, bergantian berayun.


Formasi: membujur
Tangan mengayunkan kipas; tangan kanan berada di atas sedangkan yang kiri ke belakang. Badan bergerak berp
utar pelan-pelan 360º.

Formasi: membujur
Kedua tangan mengayunkan kipas lurus ke depan, kaki berhentak seiring gerakan tangan. Di penghujung musik, gerkan tangan berhenti menjulurkan kipas ke depan dan lutut
kaki sedikit membentuk lipatan sebagai tanda penutup.

Created by: Izzah

Practiced by: Students of TPQ At Taufiq

Choreographer ‘n Costume: Izzah

Music: “the Way of Love” from Haddad Alwi’s Album of “the Way of Love”

Selamat beraksi dan berkreasi dengan modifikasi gerakan yang lebih cantik lagi…!

Upss..coba klik lagu “the Way of Love” di posting sebelumnya okey…!

1 comment:

Putirenobaiak said...

halo izzah, keren bgt kamu koreografer juga rupanya?

pengen bgt ngajarin anak saya nay
nari, blm 2 thn hehe..

sori br mampir, kamu singgah di blog lama sih, jd saya br lita. ini link yg baru. WP
https://putirenobaiak.wordpress.com/