Friday, May 4, 2007

TEMANKU GURUKU

Pelajaran hari pertama sudah kupelajari yaitu membuat simpul RECHTE dan kupraktekkan bikin syal tapi masih 1/3 jalan belom rampung. Senin 30 april 2007 kemarin melaju pada pelajaran kedua membuat simpul LINKE & LINKSGRUND. Kalo digolongkan jadi satu simpul-simpul ini akan menjadi simpul KRAUS. Wu…ih simpul apaan tu…Ini ma..simpul-simpul yang kalo dikombinasikan bisa jadi bandana, syal, atau sesuatu yang kita buat nanti berbentuk horisontal memanjang. Pelajaran kita tutup dulu…

Wah ternyata belajar di Rumah Seni Moel Soenarko ini selain bisa mengenal dunia seni juga kenal banyak orang. Pas datang hari kedua aku dikenalkan sama seorang pelukis terkenal. Mulanya ketika masuk gerbang rumah bu Moel disana masih ada 2 orang laki-laki dan seorang nenek bertopi rajutan khas yang selalu menutupi mahkotanya_siapa lagi kalo bukan bu Moel.Mereka sedang asyik duduk bercengkrama. Kuucap salam – masuk dan bersalaman sama beliau-beliau yang udah sepuh ini atau bisa dibilang kakek kalo liat wajah dan postur tubuhnyaini. Langsung aku nanya “Bapak paring asmo…?” Nah… spontan aja bu Moel yang jawab “ Lho mbak Is…ini Bapak ABDULLAH AHMAD Beliau ini adalah pelukis terkenal juga, kalo bapak yang satu ini namany Pak TANTO” sambil menunjuk kearah P.Tanto. Lalu aku jawab dengan nada agak rendah “ O..Ngapunten saya belum tahu…” agak malu sih… Tapi emang rasa rasanya aku pernah tahu wajah Pak Abdullah, kupikir lagi dimana ya…Eh kuingat-ingat lagi ternyata fotonya pernah mampang di katalog pamerannya Bu Moel.

Nah…Beliau bertiga ini tadi rembukan acara pameran Bu Moel yang akan digelar Agustus mendatang. Kalo Pak Abdullah mau lounching buku Beliau, kalo tidak salah berjudul “Karya Seni Lukis Ilahiyyah Qur’aniyyah” yang sempat diperlihatkan padaku. Isi bukunya mengenai perkembangan kaligrafi Islam dan dimuat beberapa lukisan kaligrafi Beliau beserta puisi-puisinya sebagai parafrase lukisannya. Beliau ini sudah 20 tahun mengabdikan diri di UNIBRAW sebagai Pengamat Lingkungan. Lain lagi dengan Pak Tanto, Beliau ini getol sekali dengan yang namanya budaya Jawa. Beliau sering mangkal di Alun-Alun Kota Malang bersama teman – teman seni lainnya setiap Ahad pagi. Saking cinta pada tanah Jawa Beliau banyak melukis tentang dunia pewayangan terbukti dengan selembar sketsa yang diperlihatkannya padaku…”Ini Gatotkaca ya Pak…?”tanyaku. “Bukan…”, “ Anoman…” sekali lagi aku tebak. “Bukan… ini tokoh pewayangan putra ….bla-bla-bla….)”

Be-Te-We …sembari bincang-bincang sambil merajut Bu Moel juga banyak ngasih cerita tentang kesehatan lho.. Beliau khan sering ngikutin senam CHI (energi). Eh dasar nenek lincah (umurnya udah 66 tahun)…Beliau tak sungkan-sungkan mepraktekkan gerakan-gerakan senam Cina ini (WAIT TAN KUNG) dihadapan kami. “Gerakan Memeluk Bulan.., tangan di depan pusar tangan kanan diatas tangan kiri, telunjuk dan ibu jari disatukan, jari tengan mencuat keatas, kaki dibuka 180° and so on…” Ha…hafal dan lincah banget pikirku. Eh coba-caba aku ngikuti gerakannya. “ Ya! terus Is…benar , sendi-sendi tangan kita memang harus dilatih tuk selalu bergerak, kalo tangan kita sering gerak dan beraktifitas dengan reflek kita pasti akan lentur tuk melakukan apapun…:

Will be continued

No comments: