Friday, May 4, 2007

IMPIAN JADI NYATA

“ Kapan yaa… aku bisa membuat seperti ini dan ada seseorang yang mau mengajariku KNITTING (merajut benang de ngan lebih dari satu stik)…” Kalimat itu selalu terlintas dalam benakku ketika sedang window shopping lihat-lihat switer, syal-syal cantik dengan berbagai mode rajutan. Ih…rasanya langka deh cari orang yang bisa melakukan hand-making yang satu ini. Ada sih orang yang menawariku untuk belajar ketemannya, yang sebelumnya beliau juga mengajariku CROCKET (merajut dengan satu stik). Tapi tau nga’ ternyata temannya ini seorang Suster yang umurnya dah sepuh banget di suatu Gereja! Wah q pikir lagi… kalo belajar kesiapa saja sih oke-oke aja, but kalo harus ke gereja NE-HI’ ngak lah…!

Akhirnya, Allah menunjukkan jalan lain melalui LABIQ. Hari Selasa lalu (24 April 2007) aku silaturrahim kerumah seorang seniman wanita serba bisa. Bertempat di Perumahan Blimbing Indah ARAYA Blok-L. Jam 2siang seusai dari SAC (Self Access Center) UIN Malang aku dibonceng sepeda motor oleh Mas Lukman menuju kediaman bu Moel Soenarko. Beliau yang telah mensupport acara Pameran Lukisan Tunggal Labiq. Berjumpa dengan Beliau rasanya seperti menemukan sesuatu yang unik yang tak pernah kutemukan sebelumnya…!!

Beliau memang wanita yang telaten dan disiplin sekali persis seperti yang diceritakan dalam buku Beliau yang berjudul “ Moel Soenarko Pelukis Realis Humanis”karangan pak Djuli Djatiprambudi (Kurator Seni dan Penulis).Beliau menjelaskan satu - persatu fragmen untuk mulai mengajariku KNITTING dan memantapkan hati untuk belajar sepenuh hati, “Jeng… lupakan bahwa Anda sudah bisa…, kita memulai lagi dari nol”. Belajarlah dengan tujuan menjadi orang yang nantinya menjadi guru bagi yang lain.” Ini adalah pesan pertama Bu Moel kepada setiap muridnya yang memulai belajar.

Wah rasanya ngak pingin pulang kalo udah menyatu dengan suasana tenang dan nyaman di Rumah Seni Moel ini, suasana tanpa paksaan, hanya penyatuan perasaan legowonya hati dengan media yang ada dihadapan kita. Eit tapi te-tep ingat yang di Atas kq.. Banyak murid yang belajar melukis dan membuat handicraft, mulai dari anak kecil seusia SD sampai ibu-ibu rumah tangga dan bapak-bapak. Nah waktu itu pas barengan dengan murid bu Moel yang kebetulan adik Bu Moel sendiri, Pak SAN panggilan akrabnya Beliau belajar melukis. Beliau ini seorang dosen Arsitektur di UNIBRAW. Eh ternyata pak SAM meskipun kaum adam juga mahir dalam KNITTING, Beliau pernah tinggal di Jerman beberapa tahun. Nah, dari sini kami ngobrol. Beliau bercerita tentang gimana asalnya orang Jerman mahir merajut… pada masa perang di Jerman penduduknya banyak yang nganggur, karena tak ada kerjaan sehingga mereka melepas lagi benang-benang wol yang sudah jadi baju hangat dan dirajut kembali menjadi baju hangat seperti semula…Ih kaci-an ya ngak ada toko benang yang buka kale…Beliau juga pernah memberikan kursus kepada nenek-nenek tua di Jerman sedangkan Beliau adalah seorang laki-laki. Wuih jadi Superhero nih...

Tak terasa sudah pukul 4 lewat padahal aku tadi dah izin ke Rois TPQ untuk terlambat tapi pelajaran dasar masih baru dimulai dan harus diulangi beberapa kali untuk memperoleh rajutan awal yang stabil. Disisi lain aku punya tugas diTPQ… Kalo aku tetap berangkat keTPQ dengan naek len ntar ketika nyampek di TPQ pasti para santri sudah persiapan doa pulang. Yaa…akhirnya kuputuskan untuk melanjutkan pelajaranku. Afwan yaa… anak-anakku tersayang…

1 comment:

HMI Saintek said...

insya Alah Semua bisa asal ikhtiar yg sungguhan. moga tercapai pa yg dinginkan. salam