Monday, June 6, 2016

1st Day Sepekan Pondok Ramadhan TPQ At Taufiq 1437 Hijriyah


Allahumma Bariklana fi rajaba wa sya'bana wa ballighna ramadhana....alhamdulillah doa ini terkabul....Marhaban Yaa Ramadhan....kembali menemuimu di tahun 1437 hijriyah ini :) . Selama sepekan ke depan akan melaluinya bersama santri-santri TPQ At-Taufiq Jl. Bandung 7D Malang.

Di hari pertama Ramadhan, seusai sholat Ashar berjamaah acara pembukaan dimulai dengan mauidhah hasanah tentang datangnya Ramadhan oleh ustadz H. Alimudin, S.Ag yang dikemas dalam cerita oleh ustadz Alim yang biasa kita menyebutnya dengan gaya yang khas menghibur, tegas dan komunikatif. Sambil menunggu kumandang adzan Maghrib ta'jil donat dibagikan. Akhirnya adzan Maghrib pun terdengar segera memulai berdoa dan menikmati kue ta'jil. Persiapan sholat maghrib digelar, para santri mengatur barisan shaf. Rangkaian sholat maghrib dilengkapi wirid, doa dan sholat ba'diyah maghrib. Bekal makanan berbuka sudah menanti, santri-santri masuk ke kelas bersama ustadz-ustadzah pendamping untuk berbuka bersama. Anak-anak belajar berbagi dengan mencicipi makanan temannya.

Waktu Isya' yang kurang 30 menit diisi dengan Ramadhan kreatif dengan membuat prakarya "mewarnai doa berbuka puasa". Antusias para santri yang sudah mempersiapkan crayon, pensil warna dan spidol tak terbendungkan ingin segera menorehkan warna-warni untuk kertas doa berbuka puasa. Kreasi ini mengambil sumber dari Fans Page Home Learning Me / buku antimatigaya pada halaman judul Botol Berbuka. Ide-ide Mbak Echa Maharani emang keren hingga bisa menyebar dan mengalir ilmunya untuk anak-anak. Oh ya supaya karya ini tetap awet saya manfaatkan sisa plastik laminasi. Lumayan cukup space yang ada dan alhamdulillah bisa bermanfaat lagi. kreasi ini bisa digantung dengan karet untuk botol dan ditempel untuk tutup kotak bekal. ups...time is up....waktunya sholat Isya dan tarawih...lanjut esok ya....tempel menempelnya sambil menunggu terlaminasi karya cantiknya ;) .


Masih ada satu acara yang ditunggu-tunggu yaitu nonton film yang penuh hikmah. Dengan layar LCD, lampu dimatikan bak nonton film bioskop :D khusu' banget kalo sudah diputar filmnya. Waktu sudah menunjukkan pukul 20.00WIB doa penutup dan doa bepergian terlantun berjamaah. Pulangnya dapat buah jeruk...asik....:) . Esok tetap semangat berktifitas okay...;)




 Writer: Dhikrotul Izzah

No comments: